Translate

Sponsor

Bahaya Kesombongan !




Akibat dari kesombongan adalah kebencian, mencegah datangnya kasih sayang, menghilangkan cinta sesama manusia dan menghapus kehormatannya.
Kesombongan dapat menjadikan seseorang menjadi hina, jauh dari kebaikan dan kemuliaan. Sehingga sungguh mengherankan bagi orang yang memiliki sifat sombong.

Padahal seandainya ia sadar, akan tahu bahwa yang ada dalam dirinya adalah berasal dari air mani yang menjijikan dan pada akhirnya ia akan menjadi bangkai yang membusuk.

Penyair berkata : “Sungguh mngherankan bagi yang melihat orang yang mengagumi pada bentuknya sendiri, padahal dulunya ia hanyalah berasal dari air mani yang menjijikkan”.

“Dan besok setelah bentuknya bagus, jadilah ia bangkai busuk di liang lahat”.
Janganlah suatu kekuasaan yang ada pada kita, pujian orang lain dan pengikutnya, menjadikan kita sombong.

Penyair berkata : “Wahai orang bodoh, pujian adalah tipuan belaka, janganlah kebodohan seseorang dapat mengalahkan ilmumu”.
“Pada umumnya orang memuji dan berkata tanpa memiliki ilmu, padahal kamu lebih mengerti dari hasil perkara yang diragukan orang itu”.

Maka kembalikanlah dirimu pada sifat-sifat yang terpuji, dan perilaku yang lemah lembut tanpa memandang pujian dan cacian. Jika memang demikian, maka keagungan dan kehormatan kita akan bertambah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kesombongan !"

Post a Comment